Belajar Bahasa Asing Sebagai Sunnah Nabi

by: upb-lc
December 06, 2020

Jumat, 3 Desember 2020, Unit Pengembangan Bahasa UIN STS Jambi  menyelenggarakan hajat besar yakni pembukaan pelatihan Bahasa Inggris untuk kalangan Pejabat Biro dan Fakultas di lingkungan Universitas. Acara dengan tajuk “SPEAKOUT FOR FACULTY LEADERS, YOUR TICKET TO THE WORLD”  ini bertempat di kampus Pascasarjana Telanaipura dan dihadiri oleh Bpk. Drs. H.M Daud Fakeh (Kepala Biro AUPKK) mewakili Bapak Rektor, Bapak H. Izzat Muhammad Daud, L.c, M.A (Kepala UPB), dan Bapak Dr. Iswandany Kaslan, M.A (instruktur Bahasa Inggris) serta 23 peserta pelatihan dari berbagai fakultas.

Acara dimulai dengan kata sambutan oleh Bapak Erwin Hage, M.A selaku ketua panitia. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa UPB ingin mengajak segenap civitas akademika UIN STS Jambi mulai dari mahasiswa, tenaga pengajar hingga pejabat struktural untuk bersama-sama memajukan kualitas universitas. Menurut beliau, UPB ingin mencetak orang-orang dengan kemampuan bahasa asing, dalam hal ini bahasa Inggris, yang baik. “Pelatihan ini bukanlah yang pertama. Dua tahun yang lalu UPB telah mengadakan pelatihan yang sama. Hanya saja, waktu itu, pelatihan lebih ditekankan pada social and traveling language,” jelas Bapak Erwin. Masih menurut beliau, pelatihan kali ini selain bertujuan utk bersosialisasi dan berpergian ke luar negeri, juga lebih difokuskan pada bahasa teknis saat menghadiri pertemuan, konferensi, atau seminar seminar internasional. Dengan standar terukur oleh CEFR (Common European Framework of reference for Language) yang merupakan satu-satunya tes bahasa Inggris standar yang mengukur semua tingkat kecakapan secara akurat, mulai dari tinggat pemula hingga tingkat cakap. Juga ditambahkan, peserta akan berkesempatan mengambil test internasional setelah menyelesaikan seluruh target pelajarannya. Seluruh pejabat fakultas yang mencapai kemampuan level sekurang-kurangnya lulus ujian pada level B1 akan berkesempatan untuk ditunjuk menjadi perwakilan atau duta kampus di beberapa pembicaraan pertemuan dan negosiasi internasional. Ditambahkannya, UIN STS Jambi akan menjadi Test Center untuk ujian kemampuan bahasa Inggris yang diakui secara internasional yaitu, PTE General (Pearson Test of English) di tahun depan.

Dalam pidato sambutannya, Bapak Daud Fakeh atas nama Rektor, berpendapat bahwa belajar bahasa asing adalah sunnah hukumnya. Keragaman bahasa ini adalah bagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah yang terangkum dalam Al-Quran surah Ar-Rum: 22 yang artinya:

“dan di antara tanda-tanda kebesaranNya ialah penciptaan langit dan bumi, perbedaan bahasa  dan warna kulitmu. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang yang mengetahui.”

Lebih jauh Bapak Daud mengutarakan, “Motivasi belajar bahasa asing ini diriwayatkan dalam hadist Imam Tirmidzi. Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW memerintahkan sekretaris beliau, Zaid bin Tsabit, untuk mempelajari bahasa Suryani (Ibrani) yang saat itu dituturkan oleh bangsa Yahudi. Hal ini dikarenakan banyaknya surat yang ditujukan pada Nabi dari bangsa Yahudi. Setelah mengikuti kursus singkat selama 17 hari, sahabat Nabi tersebut dapat menguasai bahasa Ibrani dan menjadi penerjemah surat-surat yang datang.

Di tempat terpisah, Kepala UPB, Bapak Izzat Muhammad Daud, L.c., M.A menjelaskan bahwa bukan saja pelatihan bahasa Inggris yang diberikan, tetapi juga bahasa Arab untuk tahun depan. “Pelatihan ini ada dua tahap. Yang pertama untuk pejabat fakultas, dalam hal ini Wakil Dekan, Kajur dan Sekjur, yang mana pelatihannya selama 12 hari. Sedang tahap kedua untuk Dekan dan Wakil Rektor dengan durasi pelatihan lebih lama,” tutur Dosen Bahasa Arab lulusan Kairo, Mesir.

Target pelatihan ini, seturut dengan visi misi UPB, adalah menghasilkan pejabat-pejabat yang mahir berbahasa Inggris tidak hanya untuk percakapan informal, tetapi juga untuk forum-forum formal seperti konferensi, studi banding dan lain sebagainya. Tentunya ini akan menjadi pekerjaan rumah yang besar khususnya bagi Unit Pengembangan Bahasa dan Universitas pada umumnya.

Terdapat sebanyak 23 peserta untuk pelatihan tahap pertama ini. Peserta adalah para Wakil Dekan dan Ketua dan Sekretaris Jurusan dari berbagai fakultas. Pembelajaran dilakukan secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat mengingat situasi pandemi. Jadwal belajar dilaksanakan selama 12 hari pada hari Senin hingga Kamis dari pukul 09.00 hingga 12.00 WIB dengan instruktur Bapak Dr. Iswandany Kaslan, MA.

Reporter (Linggar)

Share this

You may also like

3 Comments

  1. M Rahmatullah

    Ingin mendalami bahasa Inggris

    Balas
    • upb uin

      Boleh bergabung dengan UPB-LC UIN jika ingin mendalami bahasa inggris.

      Balas

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEN