Logo Web Baru 8

"Your Ticket to the World" 

Beasiswa Indonesia Bangkit Kemenag 2022
Kabar Gembira! PPSL Tahun 2022 Resmi Dibuka

Apa itu PPSL?

Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) adalah sebuah program yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama RI dalam meningkatkan kualitas diri para dosen dan alumni PTKI sebagai calon penerima beasiswa S2 dan S3 Luar Negeri. Tahun 2021 lalu adalah pertama kalinya program ini terselenggara setelah vakum cukup lama dikarenakan pandemi dan hal lainnya.

Koordinator PPSL UPB UIN STS Jambi, Erwin Hage, M.A., menjelaskan bahwa PPSL ini adalah program bentukan Kemenag yang berangkat dari perhatian dan kekhawatiran Kemenag mengenai kurangnya persiapan para dosen dan alumni yang ingin mendaftar beasiswa untuk melanjutkan studi. Persiapan untuk mengikuti beasiswa sebenarnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, apalagi secara mandiri tanpa bantuan dari pihak lain. Beliau juga menuturkan bahwa kemampuan bahasa asing yang merupakan salah satu syarat aplikasi beasiswa adalah hal yang sangat krusial. Jika calon pelamar beasiswa telah mempunyai kemampuan bahasa asing yang baik, maka calon pelamar tersebut telah melewati sepertiga tahap persiapan.

UPB Sebagai Pelaksana PPSL

Setelah melalui beberapa proses, UPB-Language Center UIN STS Jambi terpilih menjadi salah satu Unit Pengembangan Bahasa beberapa kampus UIN di Indonesia yang menjadi pelaksana PPSL 2021, terfokus pada pengembangan kemampuan bahasa Inggris.

Pada PPSL Tahun 2021, UPB-LC UIN STS Jambi menjadi rumah belajar bagi 12 dosen PTKIN dari luar Provinsi Jambi, sebagian besar berasal dari pulau Jawa. Para peserta PPSL belajar dengan intensif selama satu bulan dengan materi yang cukup padat. Materi yang diajarkan di antaranya adalah TOEFL, Proposal Writing, Cross Cultural Understanding (CCU), dan Moderasi Beragama.

Dr. Iswandany Kaslan, M.A., salah satu instruktur PPSL di UIN STS Jambi, mengatakan bahwa outcome PPSL UPB UIN STS Jambi tahun lalu dapat dikatakan cukup sukses. Banyak di antara para alumni yang berhasil mendapatkan beasiswa LPDP, sebagian lainnya kini sedang dalam proses mengikuti beasiswa Kemenag LPDP.

Berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya menyediakan PPSL beasiswa S3, tahun ini UPB juga akan menyelenggarakan PPSL untuk beasiswa S1 dan S2. Hal ini terbentuk dikarenakan adanya penerima beasiswa S1 dan S2 dari Kemenag LPDP. PPSL S1 diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/Ponpes yang ingin melanjutkan studi dengan beasiswa S1. Fokus pembelajaran dalam program ini ialah peningkatan kemampuan bahasa Inggris untuk mendapatkan hasil TOEFL yang memuaskan. Selain itu, peserta akan diberi pelatihan penulisan akademik secara baik dan benar, agar visi mereka juga dapat tersampaikan dengan baik.

Bagi peserta PPSL beasiswa S2 dan S3, fokus pelatihan tentunya juga akan berpusat pada peningkatan kemampuan bahasa asing. Untuk penulisan akademik, peserta PPSL S2 akan fokus pada penulisan esai mengenai penerapan keilmuan di masyarakat dan hambatan-hambatan yang ditemui. Sedangkan bagi peserta PPSL S3, penulisan akademik akan berbentuk proposal penelitian dengan pembahasan yang lebih detail dan mendalam. Selain kemampuan bahasa asing dan penulisan akademik, para peserta juga akan diberikan materi mengenai penulisan CV, Cross Cultural Understanding (CCU), English for Academic Purpose, serta Moderasi Beragama.

Selanjutnya, Mr. Erwin juga mengungkapkan beberapa harapan beliau terhadap pelaksanaan dan outcome PPSL UPB UIN STS Jambi tahun ini. Pertama, beliau tentu berharap bahwa PPSL tahun ini akan berhasil seperti tahun sebelumnya; sekurang-kurangnya dapat menumbuhkan motivasi para peserta agar mereka tergerak dengan sendirinya untuk mendaftar beasiswa baik dalam maupun luar negeri. Kedua, beliau juga berharap agar kemampuan bahasa asing para peserta tahun ini akan lebih meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Harapan lainnya yaitu para peserta PPSL bisa memberikan semangat dan dorongan pada dosen-dosen UIN STS Jambi tentang program-program yang mereka dapatkan.

Agar dapat mengikuti dan menjalani PPSL dengan baik, Mr. Erwin memberikan beberapa saran mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan oleh calon peserta. Hal pertama yaitu persiapan para peserta untuk bisa berada jauh dari rumah dalam waktu yang cukup lama, karena PPSL ini juga layaknya simulasi ketika peserta menerima beasiswa. Berikutnya, Mr. Erwin berpesan agar para peserta dapat beradaptasi dengan orang-orang baru yang mereka temui di lingkungan baru dengan sebaik-baiknya. Hal-hal tersebut, menurut beliau, akan bisa membantu para peserta dan tidak mengganggu kegiatan-kegiatan PPSL yang dijalani.

PPSL Tahun 2022 Resmi Dibuka, Jangan Sampai Kelewatan!

Pada paruh kedua tahun 2022 ini, kabar gembira datang seiring pengumuman dari Kementrian Agama Republik Indonesia bahwa PPSL tahun ini telah dibuka. PPSL S2 dan S3 Luar Negeri merupakan salah satu program dari Beasiswa Kemenag-LPDP yang dimaksudkan untuk memberikan pelatihan dan pembibitan para alumni, dosen dan pegawai PTK dan Kementrian Agama Pusat.

Seperti sebelumnya, program ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Biaya-biaya yang akan ditanggung antara lain: biaya penyelenggaraan program, biaya hidup selama kursus, biaya tes bahasa dan biaya transportasi PP dari tempat asal ke tempat kursus. Untuk mendaftar PPSL tahun 2022, ada beberapa syarat dan dokumen yang harus dipersiapkan oleh para calon peserta. Dokumen-dokumen yang perlu dilampirkan ketika mendaftar termasuk bukti sertifikat bahasa, motivation letter dan proposal penelitian.

Pendaftaran PPSL tahun 2022 dilakukan secara online mulai dari tanggal 17 hingga 23 Oktober 2022. Pendaftar dapat mengakses laman https://beasiswa.kemenag.go.id untuk mendapatkan informasi lebih banyak dan melakukan pendaftaran. PPSL tahun 2022 akan dilaksanakan selama tiga bulan terhitung dari 7 November 2022 sampai 27 Januari 2023.

Sebagai salah satu Unit Pengembangan Bahasa yang akan menjadi pelaksana program ini, UPB-LC UIN STS Jambi sangat menyarankan para calon pendaftar yang berada di Provinsi Jambi khususnya alumni, dosen dan pegawai di lingkungan kampus UIN STS Jambi yang ingin mendaftar untuk mulai mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan secepatnya. Sehubungan dengan hal tersebut, UPB UIN STS Jambi juga memberikan layanan bimbingan persiapan pendaftaran PPSL. Bimbingan yang diberikan di antaranya ialah bimbingan penulisan motivation letter dan proposal penelitian, serta bimbingan pendaftaran online. UPB juga aktif memberikan informasi dan pengarahan seputar PPSL tahun 2022 melalui grup WhatsApp. Grup yang dibentuk ini selain diikuti oleh alumni dan dosen UIN STS Jambi, juga turut diramaikan oleh para dosen dari luar provinsi Jambi seperti dosen-dosen UIN Kupang, UIN Palembang, UIN Padang, dan IAIN Kudus. Maka dari itu, UPB menghimbau para alumni, dosen dan pegawai agar tidak melewatkan kesempatan emas ini yang hanya hadir satu kali dalam setahun.

Reporter : Tia A.

Bagikan Blog ini

Leave a comment

Your email address will not be published.

Berita Lainnya

Mahasiswa Bimbingan Beasiswa LPDP
UPB Bimbing Mahasiswa dalam Proses Pendaftaran Beasiswa Kemenag LPDP Tahun 2022
Sejak Sabtu hingga Selasa, 17-20 September 2022, gedung UPB-Language Center Kampus UIN Telanaipura ramai dikunjungi
DSCF2501
Tim BIPA Kantor Bahasa Provinsi Jambi Lakukan Visitasi ke UPB-LC UIN STS Jambi
Kamis, 8 September 2022, Tim BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) UIN Sulthan Thaha Saifuddin
IMG_0006
Vakum selama Pandemi, UPB-LC Kembali Gelar Language Tourney
Setelah vakum selama kurang lebih dua tahun karena pandemi Covid-19, Unit Pengembangan Bahasa UIN-STS Jambi
DSCF2029
Program IEP Resmi Berakhir, Akan Dilanjutkan dengan Program EAP
Program IEP (Intensive English Program) yang telah berlangsung selama satu bulan resmi berakhir. IEP adalah
DSCF1995
Journal Reading Club Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Journal Reading Club adalah program UPB-Language Center yang memfasilitasi para dosen di lingkungan kampus UIN
DSCF1972
Pelatihan Perdana Pengenalan Pengajaran BIPA Bagi Anggota APPBIPA Cabang Jambi
APPBIPA (Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) cabang Jambi bekerja sama dengan
Jurnal Club
Pelatihan Bedah Jurnal Ilmiah melalui Kegiatan "Jurnal Reading Club" bagi seluruh Dosen UIN STS Jambi
Unit Pengembangan Bahasa-Language Center (UPB-LC) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi kembali mengepakkan sayapnya lagi dalam
DSCF0893
Seleksi Beasiswa Maroko 2022, UIN STS Jambi Menjadi Penyelenggara Seleksi untuk Ketiga Kalinya.
UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi untuk ketiga kalinya ditunjuk menjadi salah satu tempat penyelenggaraan tes
Tes tertulis_paragraf 2
UPB-LC Berkontribusi dalam Seleksi Tenaga Administrasi PIAUD Yayasan Lokomotif Literasi UIN STS Jambi
Yayasan Lokomotif Literasi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi melakukan seleksi tenaga administrasi PIAUD yang dilaksanakan
DSCF0267
UPB LC Menjadi Satu-satunya Tempat Penyelenggaraan Test TOEFL ITP di Jambi.
UPB Language Center UIN STS Jambi telah mengadakan kegiatan seminar Expanding Acces to Opportunities with