Logo Web Baru 8

"Your Ticket to the World" 

Latest News

Vakum selama Pandemi, UPB-LC Kembali Gelar Language Tourney

Vakum selama Pandemi, UPB-LC Kembali Gelar Language Tourney

Setelah vakum selama kurang lebih dua tahun karena pandemi Covid-19, Unit Pengembangan Bahasa UIN-STS Jambi kembali menyelenggarakan agenda tahunan Language Tourney atau turnamen bahasa. Acara yang diselenggarakan pada 15 s/d 19 Agustus 2022 ini diikuti oleh 300 lebih peserta dari 27 sekolah menengah atas di propinsi Jambi.

Dalam laporannya pada pembukaan acara di gedung auditorium Chatib Quzwain, Erwin Hage, MA selaku ketua panitia dan koordinator akademik UPB mengutarakan bahwa agenda Langauge Tourney diperuntukkan untuk pelajar sekolah menengah atas dengan tujuan memperkenalkan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi. Acara ini juga mendapat tanggapan positif dari pengguna sosial media.

       “Bahkan ada sekolah yang menanyakan apakah mungkin lomba ini diadakan dengan skala nasional. Ini berarti kabar yang menyenangkan bagi kami tim UPB, sekaligus juga tantangan tentunya. Mudah-mudahan ke depan kita menyelenggarakan dengan skala lebih luas lagi,” jelas Erwin Hage dalam sambutannya.

      Dalam acara pembukaan Senin, 15 Agustus 2022, turut hadir Bapak Prof. Dr. H. Suadi Asya’ri, M.A, Ph. D selaku rektor Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifuddin Jambi, beserta Wakil Rektor I, Dr. Rafiqah Ferawati, S.E, M. EI. Dalam pidato sambutannya Bapak Rektor mengutarakan dukungannya pada acara besar ini. “UIN-STS Jambi mempunyai misi transintegrasi ilmu sebagai upaya mewujudkan misi menjadi lokomotif perubahan. Tidak rugi bagi adik-adik ini jika masuk UIN Jambi. Anda akan menjadi sarjana yang ilmiah sekaligus syariah. Jadi tidak ada dikotomi antara ilmu agama dan ilmu dunia,” tegas Bapak Rektor.

      Masih dalam sambutannya, Bapak Rektor juga menjanjika beasiswa S1 di UIN-STS Jambi bagi para pemenang lomba. Mereka juga akan direkomendasikan untuk mendapatkan beasiswa program 5000 Doktor selulusnya kuliah.

      Seusai dibuka oleh Bapak Rektor sendiri, acara langsung dilanjutkan dengan lomba Arabic Story Reading, English Story Reading, Arabic TV Anchor, Arabic Grammar Race dan English Grammar Race. Secara keseluruhan perlombaan berjalan lancar. Arabic Story Reading menampilkan 25 peserta dan English Story Reading menamilkan 69 peserta. Dari keseluruhan peserta tersebut diambil 7 dan 9 peserta terbaik dari masing-masing cabang lomba untuk maju ke babak final.

      Bertindak sebagai dewan juri cabang lomba Arabic adalah H. Izzat M. Daud, Lc, MA, Uzt. Ismail Fahri, M. Ag  dan Uzt. Sri Sudiarti, S. Ag, M. Pd. I. Sedangkan dewan juri untuk cabang lomba Bahasa Inggris adalah Dr. Iswanday Kaslan, M. A, Tira Mariana, M.Hum dan Ahmadi Tresno, S. Pd.

      Sedangkan cabang lomba Arabic Grammar Race dan English Grammar Race masing-masing menampilkan 38 dan 44 peserta. Dari keseluruhan peserta tersebut diambil 25 peserta dari masing-masing cabang lomba dengan skor tertinggi untuk maju ke babak final.

Dalam wawancara singkat, Nabila, seorang peserta cabang lomba English Grammar Race mengaku tidak ada beban khusus dalam mengikuti kompetisi ini. “Ya tujuannya untuk bertanding dengan diri sendiri dulu, supaya tahu kemampuan sendiri. Kalau menang, Alhamdulillah. Untuk pengalaman juga.”

(Reporter: Linggar)

LIHAT BERITA LAINNYA

Cari Berita

Program Kursus

Blog Menarik

Event Terbaru