Logo Web Baru 8

"Your Ticket to the World" 

Latest News

Pelatihan Perdana Pengenalan Pengajaran BIPA Bagi Anggota APPBIPA Cabang Jambi

Pelatihan Perdana Pengenalan Pengajaran BIPA Bagi Anggota APPBIPA Cabang Jambi

APPBIPA (Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) cabang Jambi bekerja sama dengan Unit Pengembangan Bahasa-Language Center UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menggelar pelatihan perdana pengenalan pengajaran BIPA pada Rabu, 27 Juli 2022. Bertempat di ruang Test Center gedung UPB lantai 1, Telanaipura, acara dimulai dari pukul 08:00 dan berakhir pada 12:00 siang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua APPBIPA cabang Jambi, Dr.Iswandany Kaslan, MA, dan Koordinator Akademik UPB, Erwin Hage, MA. sebagai perwakilan Kepala UPB yang sedang berhalangan hadir. Selain itu, acara juga dihadiri oleh Dr. Hari Soedarto Haryono, M.Pd. sebagai narasumber utama dan Alma Tiara, S.Pd. sebagai asisten narasumber. Sebanyak 15 anggota pengurus APPBIPA cabang Jambi juga turut hadir dalam kegiatan pelatihan ini.

Dalam sambutannya, Mr. Erwin Hage, MA. menyampaikan bahwa Kepala UPB UIN STS Jambi sangat menyambut baik acara ini dan terus mendukung prosesnya. “Pembentukan dan pelatihan APPBIPA ini menjadi langkah awal yang baik dalam upaya inernasionalisasi Bahasa Indonesia, khususnya di Provinsi Jambi,” ujarnya.

Dimoderatori oleh anggota APPBIPA Jambi, Yahfanel Evi Fussalam, M.Pd., kegiatan pelatihan ini mendiskusikan beberapa topik. Dr. Hari yang adalah Ketua Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Jambi sekaligus Ketua tim BIPA di kampus yang sama membagikan ilmu dan pengalamannya mengenai pengajaran BIPA di Universitas Jambi. Dr. Hari juga menjelaskan mengenai buku ajar dan bentuk silabus yang digunakan. Selain itu, Alma Tiara, S.Pd. turut pula membagikan pengalamannya sebagai asisten tim BIPA UNJA.

Pelatihan kali ini juga diikuti oleh beberapa dosen UIN STS Jambi yang juga merupakan anggota pengurus APPBIPA Jambi. UIN STS Jambi memiliki banyak mahasiswa asing, namun para mahasiswa ini tidak belajar BIPA sebelum atau selama berkuliah di UIN STS Jambi. Mahasiswa asing hanya belajar Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah umum dengan 2 SKS sepanjang perkuliahan mereka. Sementara di UNJA, para mahasiswa asing sudah belajar BIPA dengan para pengajar dari tim yang telah dibentuk Universitas. Maka dari itu, sharing pengalaman dari para narasumber sangatlah penting dan bisa menjadi informasi yang berguna bagi para dosen UIN STS Jambi yang hadir dalam pelatihan ini, karena UIN STS Jambi juga berencana untuk mengadakan pembelajaran BIPA bagi para mahasiswa asing.

Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, peserta pelatihan melontarkan beberapa pertanyaan di antaranya mengenai pengalaman mengajar BIPA di UNJA, pengalaman membuat kurikulum dan silabus, buku dan rujukan BIPA, serta sistem rekruitmen pengajar dan relawan BIPA di UNJA.

Ketua APPBIPA cabang Jambi, Dr. Iswandany Kaslan, MA. berharap bahwa pelatihan BIPA kali ini tidak berhenti di sini saja. Beliau menyampaikan bahwa pengurus dan calon pengajar BIPA di Jambi akan terus belajar dan aktif mengikuti pelatihan agar siap melaksanakan tugas dari APPBIPA pusat. Beliau menambahkan, “tidak hanya di UIN STS dan UNJA, semoga kampus lain di Jambi dapat segera menerapkan ilmu ini ke mahasiswa asing di kampusnya.”

Setelah sesi diskusi dan tanya jawab selesai, kegiatan berakhir pada jam makan siang. Selanjutnya acara ditutup dengan foto bersama semua anggota pengurus APPBIPA cabang Jambi, para narasumber, dan juga Koordinator Akademik UPB-Language Center.

Reporter : Nur A.

Foto: Halim

LIHAT BERITA LAINNYA

Cari Berita

Program Kursus

Blog Menarik

Event Terbaru