Logo Web Baru 8

"Your Ticket to the World" 

DSCF0136
Mahasiswa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Berpeluang Raih Beasiswa Full Studi ke Mesir

Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menjadi salah satu tempat yang diberikan kesempatan oleh Kedutaan Besar Mesir yang ada di Indonesia untuk mengadakan seleksi penerimaan beasiswa (Strata 1-Beasiswa Penuh) untuk melanjutkan pendidikan ke Mesir. Seleksi ini diadakan di 42 tempat yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari awal proses seleksi, kampus UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi memberikan kesempatan pada seluruh mahasiswanya untuk dapat terlibat dalam proses ini, syarat utamanya adalah hanya mahasiswa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan masih aktif kuliah.

Dalam pelaksanaan seleksi tersebut, Unit Pengembangan Bahasa-Language Center (UPB-LC) diberi mandat untuk menyeleksi setiap mahasiswa yang ingin mengikuti seleksi ini. Dengan memanfaatkan google form, tercatat ada 97 mahasiswa yang mendaftarkan diri. Akan tetapi, mengingat singkatnya jarak antara waktu pendaftaran dan tes hanya ada 33 orang yang mengikuti seleksi Tahap I: Wawancara. Setelah proses seleksi wawancara, Penguji I (Syekh Sayed Zidan) dan Penguji II (H. Izzat M. Daud, Lc., MA.) memutuskan ada lima (5) mahasiswa yang dinyatakan lulus ke tahap selanjutnya dengan  perolehan nilai akhir: Amalia Kartika:95, Deni Kurnia: 90, Yoga Ichlasul Amal:85, Dimas Angga Dinata: 82, dan M. Reva Pahlevi:82.

Selanjutnya pada tanggal 2 Juni 2022 dilanjutkan pada seleksi Tahap II: Ujian Tertulis, yang dilaksanakan secara langsung di Gedung UPB-LC, Lantai II Telanaipura Kampus Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang diawasi secara langsung oleh kedua penguji yang namanya sudah disebutkan di atas dan via zoom untuk disaksikan oleh pihak Kedutaan Besar Mesir di Jakarta. Setelah menghabiskan waktu kurang lebih 60 menit ujian tertulis dilaksanakan, pada bagian akhir secara bersamaan dilanjutkan kembali dengan wawancara peserta yang nantinya akan menjadi perwakilan peserta penerima beasiswa Timur Tengah (Mesir) dari UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Di hari yang sama, dari 5 perserta yang melaksanakan ujian tertulis hanya 1 peserta saja yang nantinya dinyatakan lulus. Setelah mempertimbangkan dan menilai proses mulai dari wawancara hingga ujian tertulis, maka Amalia Kartika (Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Tarbiyah, semester 2) adalah peserta terpilih sebagai peserta yang nantinya akan mengikuti tahap seleksi selanjutnya yang akan diselenggarakan dan diawasi langsung oleh Kedutaan Besar Mesir di Indonesia.

Semua peserta yang dinyatakan lulus dari 42 tempat tersebut (42 peserta, masing-masing tempat seleksi mengirim 1 peserta), nantinya akan mengikuti proses seleksi lagi di Jakarta yang diselenggarakan langsung oleh Kedutaan Besar Mesir di Indonesia. Segala bentuk keputusan akhir merupakan hak mutlak yang dimiliki oleh pihak penyelanggara program pemberi beasiswa.

Dari proses terselenggaranya seleksi ini, Erwin Hage, MA. selaku Koordinator Akademik UPB-LC, berharap agar mahasiswa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi lebih bersemangat lagi dalam mempersiapkan kemampuan bahasa asing sebagai langkah awal untuk mendapatkan beasiswa baik di dalam maupun di luar negeri.

(Reporter : Meester Paris)

Bagikan Blog ini

Leave a comment

Your email address will not be published.

Berita Lainnya

Beasiswa Indonesia Bangkit Kemenag 2022
Kabar Gembira! PPSL Tahun 2022 Resmi Dibuka
Apa itu PPSL? Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) adalah sebuah program yang diselenggarakan oleh Kementrian
Mahasiswa Bimbingan Beasiswa LPDP
UPB Bimbing Mahasiswa dalam Proses Pendaftaran Beasiswa Kemenag LPDP Tahun 2022
Sejak Sabtu hingga Selasa, 17-20 September 2022, gedung UPB-Language Center Kampus UIN Telanaipura ramai dikunjungi
DSCF2501
Tim BIPA Kantor Bahasa Provinsi Jambi Lakukan Visitasi ke UPB-LC UIN STS Jambi
Kamis, 8 September 2022, Tim BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) UIN Sulthan Thaha Saifuddin
IMG_0006
Vakum selama Pandemi, UPB-LC Kembali Gelar Language Tourney
Setelah vakum selama kurang lebih dua tahun karena pandemi Covid-19, Unit Pengembangan Bahasa UIN-STS Jambi
DSCF2029
Program IEP Resmi Berakhir, Akan Dilanjutkan dengan Program EAP
Program IEP (Intensive English Program) yang telah berlangsung selama satu bulan resmi berakhir. IEP adalah
DSCF1995
Journal Reading Club Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Journal Reading Club adalah program UPB-Language Center yang memfasilitasi para dosen di lingkungan kampus UIN
DSCF1972
Pelatihan Perdana Pengenalan Pengajaran BIPA Bagi Anggota APPBIPA Cabang Jambi
APPBIPA (Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) cabang Jambi bekerja sama dengan
Jurnal Club
Pelatihan Bedah Jurnal Ilmiah melalui Kegiatan "Jurnal Reading Club" bagi seluruh Dosen UIN STS Jambi
Unit Pengembangan Bahasa-Language Center (UPB-LC) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi kembali mengepakkan sayapnya lagi dalam
DSCF0893
Seleksi Beasiswa Maroko 2022, UIN STS Jambi Menjadi Penyelenggara Seleksi untuk Ketiga Kalinya.
UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi untuk ketiga kalinya ditunjuk menjadi salah satu tempat penyelenggaraan tes
Tes tertulis_paragraf 2
UPB-LC Berkontribusi dalam Seleksi Tenaga Administrasi PIAUD Yayasan Lokomotif Literasi UIN STS Jambi
Yayasan Lokomotif Literasi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi melakukan seleksi tenaga administrasi PIAUD yang dilaksanakan